Selasa, 29 Maret 2011

Hubungan antara sosial dengan lingkungan

Tugas AKLku ni... disi saya bagiin sedikit ilmu....


Hubungan antara Sosial dengan LIngkungan
Sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Kehadiran itu bisa nyata anda lihat dan anda rasakan, namun juga bisa hanya dalam bentuk imajinasi. Setiap anda bertemu orang meskipun hanya melihat atau mendengarnya saja, itu termasuk situasi sosial. Begitu juga ketika anda sedang menelpon, atau chatting (ngobrol) melalui internet. Pun bahkan setiap kali anda membayangkan adanya orang lain, misalkan melamunkan pacar, mengingat ibu bapa, menulis surat pada teman, membayangkan bermain sepakbola bersama, mengenang tingkah laku buruk di depan orang, semuanya itu termasuk social (Mendatu,2007, psikologi online)
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.
Hubungan antara sosial dengan lingkungan sangat berhubungan erat. Hal ini juga dibuktikan dengan social atau masyarakat tidak bisa hidup tanpa lingkungan sebaliknya lingkungan tidak akan terjaga tanpa adanya masyarakat maka lingkungan akan hampa atau tidak akan terkelola.
Hubungan social dengan lingkungan dapat terlihat dari yaitu diantaranya :
1.       Pendidikan
Pendidikan merupakan salah satu factor yang dapat memperkenalkan lingkungan alam bagi ummat manusia . misalnya dalam hal mengelola lingkungna yaitu membuang sampah pada tempatnya merupakan contoh yang paling kecil.
2.       Budaya
Budaya merupakan alat untung penghubung antara masyarakat dan social. Dimana dalam budaya atau melaksanakan adat istiadat dalam mayarakat sangat berhubungan erat dengan lingkungan. Walaupun dampak yang diberikan oleh adat tersebut ada dampak negatifnya misalnya persembahan sesajien di adat jawa yaitu yang membuang kepala kerbau kelaut atau kembang 7 rupa. Hal ini memang dapat member dampak negative yaitu pencemaran air laut.
Namun dari sisi lain budaya tersebutjuga memberi dampak positif yaitu adat yang menyarankan masyarakatnya untuk Gotong-royong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar